Hubungi Kami : 031-3811966
LOGO UMS

SEJARAH PROGRAM PASCASARJANA

Berdasarkan Rencana Strategi (Renstra) Universitas Muhammadiyah Surabaya pada tahun 2001-2010 dalam butir F. Pembukaan Program baru, yang salah satunya adalah membuka  Program  Pascasarjana.  Sebagai  langkah  awal  pada  tahun  2002,  mendirikan Magister Studi Islam. Dalam proses pendiriannya mengalami kendala dengan adanya ketentuan dari Depag RI bahwa untuk sementara tidak diperbolehkan mendirikan Program Studi baru baik program S1 maupun program S2, dan jika berkeinginan membuka supaya memanfaatkan Pendidikan Tinggi Agarna yang sudah ada.

Oleh karena ketentuan tersebut, maka selama menunggu kebijakan baru dari Depag RI, Universitas Muhammadiyah Surabaya bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk menyelenggarakan Program Pascasarjana Magister Studi Islam dengan Konsentrasi Pemikiran Hukum Islam dan Psikologi Pendidikan Islam.

Pada tahun 2003 Depag RI membolehkan kembali pembukaan Program Studi baru Program S1 dan S2. Universitas Muhammadiyah Surabaya mengajukan pembukaan Program Pascasarjana  Magister  Studi  Islam  dengan  Program  Studi  Hukum  Islam  dan  Pendidikan Islam. Pada tahun 2004. Depag RI Cq. Dirjen Bagais menerbitkan SK Dj.II/363/2004 yang merupakan izin operasional Magister Studi Islam Program Studi Pendidikan Islam dengan konsentrasi Pemikiran Pendidikan Islam. Pada tanggal 10 Maret 2007, Universitas Muhammadiyah     Surabaya     mengajukan     izin     perpanjangan     dengan     surat     No.

055/II.3.AU/A/2007  beserta  berkas  kelengkapannya.  Pada  tanggal  10  Juli  2007  terbitlah Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI Nomor : Dj.I/258/2007 tentang perpanjangan izin Penyeienggaraan Program Studi Pendidikan Islam jenjang Strata Dua (S2) pada Universitas Muhammadiyah Surabaya, yang berlaku selama 5 (lima) tahun.

Kemudian pada tanggal 31 Juli 2009 berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 1272 /D/T/2009 memberikan idzin penyelenggaran  program  studi  Pendidikan  Bahasa  dan  Sastra  Indonesia jenjang program pascasarjana (S2) pada Universitas Muhammadiyah Surabaya.