Hubungi Kami : 031-3811966
titik-oksigen-itu-di-lahan-pak-misnabi

Setelah menempuh perjalanan selama empat sampai lima jam dari Surabaya, sampailah kami di kota Sumenep. Kehadiran kami sudah ditunggu tiga puluhan mahasiswa alumni S2 PBSI Universitas Muhammadiyah Surabaya. Mereka menunggu di hotel Safari tempat kami menginap sebelum menuju ke Pulau Giliyang. Pukul 22.00 satu demi satu mahasiswa meninggalkan hotel menuju rumah masing-masing. Pukul 24.00 kami baru istirahat, padahal esok pagi bakda subuh kami harus melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Dungkek.

Perjalanan dari hotel Safari menuju Pelabuhan Dungkek sekitar satu jam. Selama dalam perjalanan tidak henti-hentinya kami menikmati udara segar serta pemandangan daerah Sumenep yang cukup mencengangkan. Ada satu pemandangan yang sangat baru bagi kami, yakni hampir di setiap rumah terdapat makam. Ada yang makamnya baru satu, ada yang dua, ada yang makamnya tiga, lima, sepuluh, dan ada yang sudah dua puluh. Selain itu, kami juga menyaksikan banyaknya sabut kelapa yang menumpuk tertata rapi hampir di sepanjang jalan menuju Pelabuhan Dungkek.

Di pelabuhan Dungkek Kapal yang bernama Sriwijaya yang mampu memuat 40 orang yang sudah dicarter oleh mahasiswa sudah siap menyeberangkan kami. Satu persatu dari kami memasuki kapal tersebut, yang terlebih dahulu kami memarkirkan kendaraan yang kami tumpangi sebelumnya untuk menginap di Pelabuhan Dungkek selama satu malam.

Perjalanan dari Pelabuhan Dungkek menuju Pulau Giliyang ditempuh kurang lebih satu jam. Perjalanan cukup menegangkan karena angin di akhir Juli lumayan kencang sehingga membuat kapal Sriwijaya bergoyang-goyang di tengah lautan. Ada yang wiridan terus, ada yang teriak-teriak gembira. Ada yang pucat pasi dan ada yang biasa-biasa saja. Turun dari kapal kemudian menuju rumah tempat singgah selama di Pulau Giliyang ditempuh dengan berjalan kaki. Selain tidak jauh, karena memang tidak ada kendaraan umum yang lalu lalang di pulau ini.

Setelah mendapatkan pembagian kamar, perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata, yakni Gua Sarepa, Gua Air, Titik Oksigen, Batu Cangga seperti ini tempatnya.

Bagikan Melalui
Tags: