PI – 15PP10101 – Teknologi Pendidikan Agama Islam


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

PROGRAM STUDI : Pendidikan Islam
MATAKULIAH : Teknologi Pendidikan
KODE MATAKULIAH :  
SKS    : 2 SKS
SEMESTER  : II (Dua)
MATAKULIAH  PRASYARAT :
DOSEN PENGAMPU : Dr. Rahmat Arofah Hari Cahyadi, M.Pd.I
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa Mampu Mengaplikasikan dan Mengembangkan Konsep Teknologi Pendidikan.

 

Pertemuan  Ke Kemampuan Akhir yang direncanakan INDIKATOR MATERI POKOK Bentuk pembelajaran (metode dan pengalaman belajar) PENILAIAN Referensi
Jenis Kriteria Bobot
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Pertama Mahasiswa mampu Menjelaskan Urgensi, Peran dan Lingkup Bidang Teknologi Pendidikan Mahasiswa mampu memahami urgensi Teknologi  Pendidikan Urgensi, Peran dan Lingkup Bidang Teknologi Pendidikan Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa mampu menjelaskan Peran Teknologi Pendidikan Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa mampu menjelaskan Lingkup Bidang garapan Teknologi Pendidikan Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Kedua Mahasiswa mampu Menjelaskan Teori sistem secara tepat serta dapat mengidentifikasi aplikasi teori dan sistem dalam belajar dan pembelajaran Mahasiswa Mampu menjelaskan pengertian teori Sistem Teori Sistem Belajar dan Pembelajaran Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu  Menjelaskan Teori belajar dan pembelajaran Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu  Menjelaskan Aplikasi Teori Sistem dalam Belajar dan Pembelajaran Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Ketiga Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep “Improving Performance” Mahasiswa Mampu menjelaskan Improving Individual Learner Performance Konsep Tentang Improving Performance Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Improving Performance Of Teachers and Designer Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Improving Performance Of Organizations Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Keempat Mahasiswa Mampu Menjelaskan tentang Konsep “Creating” dalam Teknologi Pendidikan Mahasiswa Mampu menjelaskan Evolution of Practicees and Theories for Creating Konsep Creating dalam Teknologi Pendidikan Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Creating Media Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Learning Environments Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Kelima Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep “Using” dalam Teknologi Pendidikan Mahasiswa Mampu menjelaskan Materials Evaluationa and Selection, Usability, Evolution Of Research, Theoritical Bases For Use Of Media in Teaching Konsep “Using” dalam Teknologi Pendidikan Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu menjelaskan From Utilization to Integration, Implimentation, and Adoption Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Actual  uses Of Media And Technology Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Keenam Mahasiswa mampu Menjelaskan Konsep “Managing” dalam Teknologi Pendidikan Mahasiswa Mampu menjelaskan The Audiovisual Paradigm Of Managing Konsep “Managing” dalam Teknologi Pendidikan Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu menjelaskan Contemporary Views Of Management, Leadership, and Change Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Management In Educational Technology Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Ketujuh Mahasiswa mampu Menjelaskan Tentang Konsep “Processes” dalam Teknologi Pendidikan Mahasiswa Mampu menjelaskan Defining Terms Konsep “Processes” dalam Teknologi Pendidikan Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu menjelaskan Conseptual Processes Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Theoritical and Practical Framework Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Kedelapan Mahasiswa mampu Menjelaskan Konsep “Resources” dalam Teknologi Pendidikan Mahasiswa Mampu menjelaskan Tecnological Resources, Appropriate Resources, Resources By Design Versus Resources By Utilization Konsep ”Resouces” dalam Teknologi Pendidikan Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu menjelaskan Early Identity Formation, Tools, Materials, and Device as Resources Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Setting as Resorces, Ethical Uses Of Resources Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Kesembilan Mahasiswa mampu Menjelaskan Konsep “Values” dalam Teknologi Pendidikan Mahasiswa Mampu menjelaskan Values Related to Study, Ethicel Practice, Facilitating Learning Konsep “Values” dalam Teknologi Pendidikan Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu menjelaskan Values Related To Improving, Creating, Using And Managing Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Values Related To Appropiate And Technology Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Kesepuluh Mahasiswa mampu Menjelaskan Problematika dalam Pembelajaran Mahasiswa Mampu Mengidentifikasi Problematika dalam Pembelajaran Problematika dalam Pembelajaran

 

Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu Membedakan Jenis Problematika dalam Pembelajaran Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Jenis Problematika dalam Pembelajaran Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Kesebelas Mahasiswa mampu Menganalisis beberapa Jenis Model Pembelajaran Mahasiswa Mampu menjelaskan Definis Model Pembelajaran Model-Model Pembelajaran Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu menjelaskan Jenis-Jenis Model Pembelajaran Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Konsep Implementasi Model Pembelajaran Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Keduabelas Mahasiswa mampu Menjelaskan Desain Pengembangan Pembelajaran Mahasiswa Mampu menjelaskan Definis Desain Pengembangan Desain Pengembangan Pembelajaran Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

2.3%  
Mahasiswa Mampu menjelaskan Jenis Desain Pengembangan Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  
Mahasiswa Mampu Menjelaskan Implementasi Desain Pengembangan dalam Pembelajaran Ceramah dan Diskusi Tes Non Objektif

Jawaban Singkat

3%  

 

REFERENSI:

  1. M. Atwi Superman, (2012), Desain Intruksional Modern.
  2. Association For Educational Communiction and Technology (AECT), (1977), Definisi Teknologi Pendidikan.
  3. Barbara B Seels & Rita C. Richey, (1994), Teknologi Pembelajaran; Definisi dan Kawasannya.
  4. Alan Januszewski & Michael Molenda, (2008), Educational Technology.
  5. Charles M Reigeluth, (1983), Instructional, Design Theories and Models: An Overview Of Their Current Status.
  6. Brad Hokanson, (2014), Design And Educational Technology.
  7. Walter Dick & Lou Carey, (2001), The Systematic Design Of Instruction.
  8. W Anderson and David R. Krathwohl, (2001). Taxonomy For Learning, Teaching And Assesing.
  9. Cynthia B. Leshin, Joellyn Pollock, (1992), Instructional Design Strategies and Tactics.
  10. Charles M Reigeluth and Alison A. Carr Cheliman, (2009), Instructional Design, Theories and Models; Buiding a Common Knowledge Base.
  11. Charles M Reigeluth, (1999), Instructional Design, Theories and Models; A New Paradigm Of Instructional Theory.
  12. Patricia L Smith, (1999), Instructional Desig.,
  13. Suyono & Hariyanto, (2011), Belajar dan Pembelajaran.
  14. Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.

 

 

Dibaca : 246 pengunjung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
8 + 14 =