Pesta Gelembung Sambut Gerhana Matahari Total 2016 22


Mengingat langkanya fenomena gerhana matahari total (GMT) yang terjadi pada 9 Maret 2016, momen tersebut disambut antusias oleh wisatawan mancanegara. Menurut Menteri Kebudayaan dan Pariwisata memperkirakan bahwa fenomena gerhana matahari total yang melintasi sebagian wilayah Indonesia ini mampu menyedot lebih dari 5.000 wisatawan mancanegara (Wisman). Jika wisatawan mancanegara saja terpikat dengan fenomana alam yang langka ini maka sudah tentu masyarakat Indonesia lebih antusias menyambutnya. Salah satunya dirayakan oleh civitas UMSurabaya, kampus sejuta inovasi. Sejumlah acara telah dipersiapakan untuk momen istimewa tersebut.

Zainal Muttaqin, selaku ketua pelaksana acara festival GMT saat diwawancarai oleh wartawan Kedaide.com menjelaskan bahwa fenomena gerhana matahari total ini bertepatan dengan Milad (ulang tahun) UMSurabaya ke 32, ini adalah momentum langka dan harus disambut dengan positif (9/3/2016). Sholat gerhana menjadi pembuka serangkaian agenda-agenda yang akan dilaksananakn untuk merayakan Milad UMSurabaya ke 32, acara tersebut dilakukan secara berjama’ah yang diikuti oleh seluruh civitas UMSurabaya dan masyarakat sekitar di halaman kampus yang berlangsung khidmat.

“Meskipun dalam perayaan hingar bingar festival gerhana matahari total, maka tetaplah fenomena gerhana matahari ini dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan syukur serta berdzikir mendekatkan diri kepada Allah SWT”. Sambutan Dr. Mahsun Jayadi, M. Ag , selaku imam sholat gerhana matahari.

Tidak hanya itu, UMSurabaya juga mengadakan festival gerhana matahari total yakni Surabaya Morning Bubble (SMB) dan Panggung Mahasiswa. Surabaya Morning Bubble merupakan acara jalan-jalan bersama dengan meniupkan gelembung-gelembung sabun sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. “Segala acara yang dilaksanakan pada 9 maret 2016 merupakan awal dari serangkaian acara Milad UMSurabaya. Kedepan masih akan ada agenda pameran, seminar, hiburan serta agenda edukatif lainnya”. Ujar Dr. dr. Sukadiono, M.M, selaku Rektor UMSurabaya.

 

Dibaca : 59,363 pengunjung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
21 − 11 =


22 thoughts on “Pesta Gelembung Sambut Gerhana Matahari Total 2016