Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)


IMG-20160626-WA0004

 

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-2)

  1. Visi, Misi, Tujuan Program Studi

 

Visi

Menjadi program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul dalam pengembangan ilmu berbasis penelitian, unggul dalam moralitas dan intelektualitas, serta berjiwa entrepreneur.

 

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan yang ungguldi bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  • Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
  • Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  • Meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan bahasa dansastra Indonesia dengan berbagai pihak baik lokal, regional, nasional, maupun internasional.
  • Menyelenggarakan kegiatan dan pelatihan yang menumbuhkan jiwa entrepreneur.
  • Meningkatkan dan melestarikan budaya akademik berwawasan lokal dan global.

 

Tujuan

 

  • menghasilkan lulusan S2 PBSI yang memiliki:
  1. kompetensi sebagai tenaga pendidik yang profesional;
  2. kemampuan mengikuti perkembangan IPTEK di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  3. kemampuan mengembangkan dan menyebarluaskan penelitian yang bermutu dan berbasis keunggulan lokal di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  4. kemampuan dalam melaksanakan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat;
  • Tata kelola prodi S2 PBSI yang berintegritas, transparan, dan akuntabel guna menunjang efektivitas dan efesiensi pemanfaatan sumber daya.
  • Kerjasama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan alumni dan mitra.

 

  1. Profil Lulusan
  • Pendidik madya bahasa dan sastra Indonesia yang berjiwa

Yang dimaksud pendidik madya adalah guru, widyaiswara, serta dosen S0 dan S1.

Peran dan fungsi: merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi proses pembelajaran, serta menindaklanjuti hasil evaluasi pembelajaran.

  • Peneliti madya bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berjiwa

Yang dimaksud dengan peneliti madya adalah pengelola penelitian.

Peran dan fungsi (1) membuat program rencana kegiatan penelitian dan pengembangan; (2) melaksanakan kegiatan penelitian; (3) merumuskan konsep usulan kebijakan nasional yang diterapkan, (4) menyusun karya tulis ilmiah (KTI), (5) mengarahkan, membimbing, dan membina kegiatan penelitian; (6)  menyebarluaskan hasil penelitian (mendiseminasikan dan memuplikasikan hasil penelitian); (7) mengikuti perkembangan ilmiah dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai kepakaran.

 

 

 

 

  1. Capaian Pembelajaran Program Studi
  • Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esadan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. BerperansebagaiwargaNegarayangbanggadancintatanahair,memilikinasionalismesertarasatanggungjawabpada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan di bidang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  11. Berakhlakul karimah dalam bermuamalah yang bermanfaat bagi diri, masyarakat, bangsa dan
  12. Mampu menginternalisasikan misi persyarikatan Muhammadiyah dalam berbagai aspek kehidupan.

 

  • Kemampuan Bidang Kerja
  1. Keterampilan Umum
  2. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis melalui penelitian ilmiah.
  3. Mampu menciptakan desain atau karya seni dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya.
  4. Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memuplikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah tingkat lokal, nasional dan  internasional.
  5. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahlian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam menyelesaikan masalah di masyarakat melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian.
  6. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  7. Mampu mengidentifikasi bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang menjadi objek penelitian dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisipliner atau multidisiplin.
  8. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental.
  9. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  10. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
  11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

  1. Keterampilan Khusus
  2. Mampu berbahasa Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan.
  3. Mampu mengapresiasi sastra Indonesia secara lisan dan tulis yang didesiminasikan
  4. Mampu mendalami bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya melalui riset sebagai wujud kemampuan beradaptasi dengan lingkungan untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  5. Mampu memecahkan permasalahan bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajaran melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk laporan penelitian.
  6. Mempu mengelola dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
  7. Mampu mengambil keputusan berdasarkan kajian penelitian di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta mengomunikasikan ide secara efektif dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat seprofesi atau lingkungan yang sesuai atau masyarakat umum.
  8. Mampu berkomunikasi dan berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan profesi.
  9. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan.
  10. Mampu menerapkan prinsip dan manajemen kewirausahaan di bidang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

  • Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai filsafat ilmu serta konsep-konsep teoretis kebahasaan, kesastraan, pembelajaran, dan metodologi penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa Indonesia
  3. Menguasai konsep pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra serta pembelajarannya
  4. Menguasai konsep pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia, dan pembelajarannya.
  5. Mengetahui dan memahami hakekat Tuhan, manusia, dan kehidupan sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan hadits yang shahih dan ilmu pengetahuan.

 

 

 

 

  1. Struktur Kurikulum dan Sebaran Mata Kuliah

 

Struktur Kurikulum

 

NO KODE MATAKULIAH sks JS SKS PERKULIAHAN SEMESTER PRASYARAT
T P L 1 2 3 4
A.  MATA KULIAH WAJIB INSTITUSI (WI)
1 15WI00001 Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2   V    

 

 

 

 

 
2 15WI00002 Tesis 6 V  
B. MATA KULIAH WAJIB FAKULTAS (WF)
1 15WP10211 Seminar Proposal 2             V

 

   
2 15WP10212 Metode Penelitian 3             V

 

   
B. MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI  (WP)
2 15WP10201 Kajian Pendidikan 2         V

 

       
3 15WP10202 Filsafat Bahasa 2         V

 

       
4 15WP10203 Problematik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3         V

 

       
5 15WP10204 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan sastra 3           V

 

     
6 15WP10205 Linguistik Lanjut dan Terapan 2         V

 

       
7 15WP10206 Ilmu Sastra 2         V

 

       
8 15WP10207 Sosiologi Sastra 2           V      
9 15WP10208 Apresiasi dan Kritik Sastra 3           V

 

     
10 15WP10209 Psikolinguistik Lanjut 2           V

 

     
11 15WP10210 Sosiolinguistik Lanjut 2           V

 

     
MATA KULIAH PILIHAN PROGRAM STUDI  (PPS)
16   Sastra*)
15PP10201 Sastra Anak dan Pendidikan 3             V

 

   
15PP10202 Kritik Sastra Mutakhir 3           V

 

     
Pembelajaran*)
15PP10203 Pengembangan Media Pembelajaran BI 3             V

 

   
15PP10204 Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar 3           V

 

     
Linguistik*)
15PP10205 Pragmatik 3             V    
15PP10206 Analisis Wacana 3           V      
TOTAL sks           13 15 8 6 42

 

 

 

 

 

 

Sebaran Mata Kuliah Per Semester

 

Semester 1

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah sks Jumlah sks
        TM P L
  15WI01001 Al-Islam dan Kemuhamadiyahan 2      
  15WP10201 Kajian Pendidikan 2      
  15WP10202 Filsafat Bahasa 2      
  15WP10203 Problematik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3      
  15WP10205 Linguistik Lanjut dan Terapan 2      
  15WP10206 Ilmu Sastra 2      
    Jumlah 13      

 

Semester 2

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah sks Jumlah sks
  15WP10204 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 3      
  15WP10207 Sosiologi Sastra 2      
  15WP10208 Apresiasi dan Kritik Sastra 3      
  15WP10209 Psikolinguistik Lanjut 2      
  15WP10210 Sosiolinguistik Lanjut 2      
  15WPPS01001 Mata kuliah pilihan 1 3      
    Jumlah 15      

 

Semester 3

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah sks Jumlah sks
        TM P L
  15WP10211 Seminar 2      
  15WP10212 Metode Penelitian 3      
  15WPPS01002 Mata kuliah pilihan 2 3      
    Jumlah 8      

 

Semester 4

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah sks Jumlah sks
        TM P L
  15WI00002 Tesis 6      
    Jumlah 6      

 

Ket: *) mata kuliah pilihan maksimal 6 sks;