Berusaha, Tidak Hanya Berangan-angan


Oleh : Nur Chomariah

(Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya)

Allah SWT menciptakan manusia dengan segala kesempurnaan yang dimilikinya dibanding dengan makhluk Allah yang lain, segala potensi yang ada di dalam diri manusia akan terlihat, dikala manusia tersebut mau untuk menggalinya.

Menggali potensi dalam diri manusia bukan perkara yang mudah, tapi bukan tidak mungkin untuk bisa dilakukan.  Dengan mengenali diri sendiri dan tahu tujuan hidupnya.
Mengenali diri sendiri, berarti mengenal Allah, dengan mengetahui kelemahan dirinya serta ketergantungan kepada Allah SWT niscaya ia akan kenal kemahaberkuasaan, kemuliaan dan keagungan Allah.
Dan dengan mengetahui tujuan hidup nya maka orang tersebut selalu menghubungkan dirinya kepada Allah SWT dengan melakukan Amar ma’ruf Nahi Munkar.
“Dan berlomba lombalah kepada keampunan TuhanMu dan surga yang luasnya sama dengan luas planet planet dan bumi ini , dijanjikan untuk para mutaqien (QS 3: 133)

Atas dasar hal tersebut seorang manusia, haruslah berusaha berbuat, mencari dan menggali semua potensi yang diberikan Allah SWT. Seperti halnya kita mempunyai keinginan yang ingin kita capai di dunia ini, tanpa berbuat mustahil keinginan tersebut bisa tercapai. Apalagi hanya sebatas angan angan. Karena satu perbuatan nyata lebih berarti dari seribu angan angan.

Rasulullah SAW bersabda” Bersemangatlah untuk meraih segala hal yang bermanfaat bagimu Mintalah pertolongan kepada Allah dan janganlah lemah. Apabila engkau tertimpa sesuatu(yang tidak menyenangkan) janganlah berkata “Seandainya aku dulu berbuat begini niscaya akan menjadi begitu dan begitu, akan tetapi katakanlah Allah telah mentakdirkan, terserah apa yang diputuskanNYA, karena perkataan seandainya, dapat membuka celah perbuatan syaitan (HR.Muslim)

Semoga kita menjadi hamba yang selalu berprasangka baik atas segala ketentuan Allah. Marilah kita dalami agamaNya dan berintrospeksi diri sekali lagi. Perintah apa yang kita lalaikan Larangan apa yang kita terjang, Semoga pertolongan Allah selalu ada untuk kita sebagai hamba yang selalu ingat kepadaNya.

Dibaca : 117,572 pengunjung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
5 × 15 =