Pascasarjana Bentuk Ikatan Alumni


IMG-20160724-WA0007

Ahad 24 Juli 2016 Alumni Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya menggelar Halal Bihalal di Wisata Kuliner Mulyorejo. Kegiatan ini di inisiasi oleh Nafis Kurtubi, M.Pd.I (Angkatan tahun 2007). Acara ini dihadiri langsung oleh Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya Prof. Dr. H. Abd Hadi Hadi, M.Ag dan Sekretaris Prodi Pendidikan Islam Dr. M. Arfan Mu’ammar, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, Bapak Direktur menegaskan pentingnya menjalin hubungan Silaturrahim, kegiatan semacam ini merupakan bagian dari meningkatkan dan mempererat hubungan silaturrahim antar sesama alumni, namun hubungan tersebut akan dapat terus terjalin jika terkumpulnya 4 T, apa itu 4 T?. Prof. Hadi menjelaskan bahwa 4 T itu adalah : Ta’aruf, Tafahum, Ta’awun dan Takaful.

Yang pertama adalah Ta’aruf, setiap dari kita mesti harus saling mengenal karakter masing-masing, tanpa kita mengenal karakter masing-masing maka akan sangat sulit rasanya untuk dapat menjalin hubungan silaturrahim, tak kenal maka tak sayang. Setelah saling mengenal, kemudian timbul rasa saling memahami Tafahum, kenal saja tidak cuku jika tidak dibarengi dengan saling memahami, karena dengan adanya tafahum, maka perselisihan dapat akan segera terselesaikan. Setelah saling memahami hendaknya kita saling tolong-menolong, tentunya tolong-menolong dalam kebaikan, al-mu’muni lil mu’mini kal bunyaan, yashuddu ba’dhuhum ba’dho. Dan yang terakhir adalah Takaful, yaitu saling melengkapi kekurangan, setiap dari kita mestinya memiliki kelebihan dan kekurangan, karena itu untuk membangun hubungan silaturrahim yang erat, maka kekurangan dari teman, kita tambal dengan kelebihan yang kita miliki, demikian juga kekurangan yang kita miliki ditambal dengan kelebihan teman yang lain, tutur Direktur Pascasarjana dalam sambutannya.

IMG20160724113915

Acara ini dihadiri oleh angkatan 2008 dan 2007, namun kegiatan ini didominasi oleh angkatan 2007, Nafis Kurtubi, M.Pd.I selaku ketua penyelenggara berharap bahwa kegiatan ini dapat terus berlangsung, bahkan kedepan dapat melibatkan seluruh angkatan Pascasarjana Prodi Pendidikan Islam. Sejak tahun 2003, Pascasarjana Prodi Pendidikan Islam sudah meluluskan sekitar 12 angkatan, jika bisa dikoordinir dengan baik maka ini akan menjadi agenda yang cukup besar.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula sekretaris prodi pendidikan yaitu Dr. M. Arfan Mu’ammar, M.Pd.I, dalam hal ini mewakili kaprodi Dr. H. Moch Tolchah, M.Ag yang saat itu berhalangan hadir. Dalam kesempatan itu, Dr. Arfan mendorong kepada teman-teman untuk membentuk formasi kepengurusan Alumni yang melibatkan seluruh alumni sejak tahun 2003 hingga tahun 2015. kepengurusan tersebut nantinya akan di SK oleh Direktur Pascasarjana dan diharapkan para Alumni dapat ikut berkontribusi terhadap perkembangan kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya, khususnya pada lingkungan Pascasarjana.

Dalam kesempatan tersebut, telah terpilih ketua IAPPI (Ikatan Alumni Pascasarjana Pendidikan Islam) secara aklamasi yaitu : Nafis Kurtubi, M.Pd.I dan wakil ketua : Asmuni, M.Pd.I. Ketua dan wakil ketua tersebut bertugas menyusun formatur kepengurusan yang nantinya di usulkan untuk di SK kan oleh Direktur.

IMG20160724112103

Acara tersebut juga di isi dengan ceramah agama oleh Suyipto Hamzah (Gus Yip), yang dalam kesempatan itu menjelaskan tentang arti dan pentingnya Takwa. Gus Yip sapaan akrab Suyipto Hamzah adalah angkatan tahun 2007 yang sekarang terjun dan konsen pada kegiatan dakwah. Kegiatan tersebut kemudian ditutup dengan do’a dan diakhiri dengan kegiatan photo bersama.

Dibaca : 117,480 pengunjung.